7 Kesalahan Investor Pemula

ktarianto.com/ Yogyakarta

Sebagai investor saham, banyak yang harus anda perhatikan terutama disiplin. Tapi, Apakah anda masih melakukan hal tersebut? jika anda masih melakukanya, berarti anda kedepanya harus memperbaiki hal tersebut.

Banyak sekali kesalahan-kesalahan yang di lakukan oleh seorang investor pemula, baik itu dari segi persiapan, cara mengelola uang, niat belajarnya yang kurang.

Nah, 7 Kesalahan Investor Pemula diantaranya:

  1. Tidak Mengetahui Tentang Bagaimana Cara Mengelola Uang

Untuk anda yang belum bisa mengelolah uangnya dengan baik, akan merasa sangat sulit untuk melakukan sebuah investasi saham. Karena seorang investor itu, tidak hanya sulit untuk mengerti tentang saham.

Tetapi, juga bahkan tidak tau tentang uang yang dimilikinya akan di gunakan untuk apa, dan juga beberapa uang di simpan untuk bekal di masa depan. Sehingga, cara pertama yang harus anda lakukan itu sebelum anda mengetahui cara mengelola uang yaitu dengan cara membuat financial palnnniang.

2. Menunda Untuk Memulai sebuah Investasi

Kesalah yang terdapat pada nomor dua ini yaitu sering di lakukan oleh seorang investor pemula yaitu menunda untuk mulai sebuah berinvestasi meskipun sudah mempunyai financial atau planning dengan baik.

Biasanya hal ini di sebabkan oleh banyaknya suatu alasan, seperti takut untuk mencoba, tidak mempunyai waktu untuk mempelajari saham, merasa tidak memiliki uang tambahan untuk investasi, dan juga banyak alasan-alasan lainya. Dan hasilnya, banyak sekali investor yang menyesal karena merasa telat untuk memulai investasi saham.

3. Terjadinya Salah Persepsi Terhadap Pengetahuan Saham

Kesalahan ini biasanya merupakan kesalahan yang sangat sering terjadi pada investro pemula. Dan Juga sangat sering terjadi pada investro pemula. Suatu kesalahpahaman terhadaap ilmu investasi ini biasanya terjadi ketika seorang investro itu tidak mengetahui mana kegiatan yang merupakan investing, saving, trading, ataupun gambling.

Karena sudah tidak asing lagi ketika seorang investor pemula ini melakukan trading dan tiba-tiba sahmnya jatuh. Hasilnya tidak berani CL dan jadilah Investing. Jika anda sudah menjadi seorang investor saham harus sudah menetukan trading atau investasi plan.

4. Belajar Dan Mindset Yang Salah

Pada era strat market 2.0. ini, banyak sekali terdapat trainer atau sebuah influencer saham yang mengisi suatu seminar dengan tujuan untuk mengencourage. Akan tetapi, ytang di sayangkan adalah tidak sedikit influencer yang menekankan beberapa keuntungan yang merka dapatkan dari berinvestasi saham.

Hal ini cenderung tidak membicarakan kerugian yang mereka pernah alami atau resiko-resiko yang mereka tanggung. Sehingga, investor pemula ini tidak memikirkan resiko yang tidak menentu ketika berinvestasi saham.

5. Mempunyai Sebuah Ekspetasi Yang Tinggi Namun Tidak Realistis

Kesalah ini terjadi ketika seorang investor pemula merasa akan selalu berhasil dengan mudah dan menjadi seorang investor yang sukses dan berhasil dengan cara yang instan.

Contohnya, Ketika ada seorang investor pemula yang baru saja memulai sebuah kegiatan investasi saham dalam jangka waktu yang pendek akan tetapi, dia ingin langsung menjadi seorang Warren Buffett ya sangat tidak mungkin.

Warren Buffett juga membutuhkan waktu yan cukup lama untuk menjadi seorang investor yang sukses dan berhasil. Hal itu bisa terjadi jika anda, dapat dengan sabar menghabiskan investasi dengan sebuah waktu yang panjang.

6. Menyimpan Seluruh Modal Pada Satu Sektor Saja

Kesalaha ini sering terjadi pada investor pemula yaitu ketika membeli seluruh modal mereka pada satu sektor saham saja. Contohnya jika anda mempunyai lima saham tetapi semua saham tersebut berada di BCA.

Maka hal ini sangat beresiko sekali karena akan ada kerugian yang sangat besar apabila ada situasi dan kondisi pada saham tersebut sedang mengalami penurunan. Sehingga kerugian itu akan terjadi yang menyebabkan semua modal yang anda miliki akan mengalami penurunan secara bersamaan.

7. Sering Membandingkan Portofolio Saham Pribadi Dengan Portofolio Saham Milik Orang Lain

Keasalah terahkir ini adalah ketika investor sering membandingkan portofoilio saham yang di miliki terhadap portofolio saham milik orang lain, hal ini tidak baik jika di lakukan oleh seorang influencer saham.

Karena setiap potofolio yang dimiliki oleh setiap orang itu berbeda-beda. Seperti perbedaan waktu, jumlah modal, bahkan juga resikonya. Hal ini juga dapat menyebabkan investro pemula tergoda dengan shama yang sudah naik tinggi hanya dengan melihat pada portofolio orang lain.

Itulah 7 Kesalahan Investor Pemula yang harus anda tidak lakukan jika anda ingin sukses dan berhasil di dalam dunia saham. Intinya sebelum anda membeli sebuah saham anda harus tau terlebih dahulu fundamental dari perusahan tersebut bapakah bagus atau tidak, dan juga harus teliti, bersabar, niat dan juga di barengi dengan doa.

Baca juga

3 Keuntungan Investasi Saham

Pengertian dan Tujuan Investasi

Leave a Reply

Your email address will not be published.